Indonesia Flag Orb

Hey!

Selamat datang di Blog jelek ini, tempat dimana kamu bisa sharing dan dapatkan semua hal yang berkaitan dengan musik dan semua tentang kehidupan. So, let's rock the space !

Info Anda

______________________________________________________________________________________
 

5 September 2011

Teknik Harmonic

1 comments
Nah, posting lagi :)

Kali ini saya akan membahas tentang teknik gitar yang sering banget dipake sama Herman Lee di kebanyakan lagu dari Dragon Force. Yap, teknik Harmonic !!

Kira-kira kaya apa ya teknik harmonik itu? So, check this out ;)

Natural Harmonic, sebenarnya nada yang dihasilkan dengan teknik ini sudah merupakan nada bawaan atau nada standar yang dihasilkan oleh gitar. Cara memainkannya adalah dengan cara menempelkan jari pada fret-fret yang dapat menghasilkan nada natural harmonic. Contoh yang paling sederhana adalah seperti pada fret 12 string 1 hingga string 6, yang mana jika tangan kiri(kanan jika kidal) dilatih terus menerus akan mampu menghasilkan nada natural harmonic dari fret-fret yang sebenarnya kalau kita pikir akan sulit mengeluarkan nada natural harmonic. Jari tangan kiri(kanan jika kidal) yang sering digunakan adalah jari kelingking atau jari manis. Tapi ada baiknya jika kalian melatih teknik natural harmonic ini dengan menggunakan kelima jari dan melatih melakukan teknik ini baik itu dari bawah fretboard(jari-jari menghadap keatas) dan dari atas fretboard(jari-jari menghadap kebawah). Pada umumnya teknik natural harmonic pada tablature gitar disimbolkan dengan garis putus-putus (----------) diatas atau bawah simbol fretboard. Selama garis putus-putus tersebut tergambar diatas angka-angka pada tablature, selama itu pula nada-nada tersebut dimainkan dengan teknik natural harmonic.

Artificial Harmonic, atau yang biasa disapa harmonic buatan. Teknik ini seringkali dipergunakan untuk mempertegas aksen ataupun untuk menandai bagian-bagian akhir dari lick-lick melody dan biasanya sering kali dipadukan dengan menggunakan teknik bending. Nah teknik harmonic yang satu ini mesti sering-sering dilatih karena dilakukan dengan cara memiringkan posisi pick terus melakukan picking yang diteruskan dengan menyentuh senar dengan kulit jari. Lakukan terus menerus dengan perlahan-lahan sampai suara harmonic buatan atau artificial harmonic nya dapat tercipta dengan sempurna. Saran saya sih ada bagusnya jika teknik artificial harmonic ini dilakukan dengan gitar elektrik yang didukung dengan efek distorsi karena akan sedikit lebih mudah daripada menggunakan sound yang clean dan untuk dapat memantau seberapa berhasil kita menguasai teknik ini.

Nah, untuk mempermudah atau agar kamu semua bisa lebih 'ngeh', coba liat video lesson teknik harmonic di sini .

Okke deh.. selamat mencoba :)

1 comments:

Adsense Indonesia
______________________________________________________________________________________

Your Lucky Number

______________________________________________________________________________________

Followers

Popular Posts